MESIN HONDA
(CBR,CB150R,SONIC,CS1) ANDA KLUAR TETESAN CAIRAN DARI SELANG KECIL SEBELAH
KANAN BAK KOPING
MUGKIN INI
PERMASALAHNYA
Misi masbro, yo i di sini mas bay mau berbagi pengalaman
soal masalah rembesan cairan aneh di bagian selang kecil ini, cz tiap minggu sering bgt liat di grup" yg ngeluh tetang nie selang knapa kok kluar cairan aneh
(RASSAH DI LOKE MESIN E BLUKUTUK REGET E RAM,SOAL E MOTOR ADVENTURAN KUI)
wkwkwkkwkwkw
dulu awal meminang old
cbr ini masalah yg saya perhatikan ya selang ini nie, kok kluar cairan ya, tapi
waktu itu kluar cairan kgk bnyak bro, kalo cuman buat jln bentar ksana kemari
mah jarak pndek g mpe netesin cairan apa apa tapi awal ketauan tu selng
ngluarin cairan yaitu saat old cbr ini saya bawa touring perdana ke pacitan dmn
pas saya balik pulang sampe rumah baru menyadar pas motor mau saya cuci eh kok
ada kayak bekas tetesan air ya, tapi cuman keliatan a sih 3-5 tetes aja trus
saya cek cek oh ternyata dari slang kecil ini,.. masih sempet bingung sebner e
apa sih kegunaan selang ini, tanya kesana kemari di grub jawabnya berbeda” ada
yg bilang itu selang hawa mesin jadi wajar klo mesin panas ngluarin oli trus
ada yg berpendapat ina itu es pokok e beda” lah... dan waktu itu hal itu saya
sepelakan ae lah wkwkwkkw
dan pada ahirnya tu selang makin hari makin deras aja ngocor
cairanya, padahal baru buat jalan sebentar udh netes tumpeh” aja tu cairan dari
selang tersebut.... ahirnya saya putuskan untuk di bawa ke wates pener e tempat
e om aziz selaku ceo warungdohc, hahahaha motor di bawa ke wates dengan
perjalanan yg kurang lebih 3 Jam itu aja bernagkat subuh jam 4 an n nyampe
wates sekitaran jam tengah 7 an bro dan nyampe bengkel om aziz jam 7 an kalo g
salah... pokok e gaspolll 100Kpj lebih pas berangkat soal a tau sendiri jln
solo-jogja lenggang bgt apalagi saya pas berngkat subuh” hehehehe
Nyampe di bengkel langsung dah di deteksi dan memang masalah
pun fix kalo itu seal mekanikal a udah wayah e ganti, wes nunggu mesin adem dlu
sembari di kipsi bro motor e gen cepet adem.. dan om aziz pun memperisiapken
perlatanya, langsung dah pengerjaanya kurang lebih seperti ini
1.
Biarkan mesin dingin jgn mengerjakan hal ini
dalam keadaaan mesin masih panas, berbahaya bro n rentan bgt baut jadi lembek n
patah
2.
Kuras oli mesin sampe tetes terahir
3.
Kuras air radiator sampe tetes terahir juga
Cara pengerjaanya
-
Lepas selang radiator yg menyambung ke bak
kopling bagian kanan (nomer 1) jgn lupa tutup air radiator harus kebuka biar colant bisa
turun semua habis collant ke kuras semua a tinggal lepas baut" yg di panah merah itu
-
Lepas stut kpling
-
Lepas baut” bak kopling
-
Trus copot deh bak kopling nya
Pengerjaan hanya di bagian bak kopling aja
Soalnya yg mau di cek adalah seal mekanikal nya
Trus lepas itu gear pengerak baling” colant a degan cara gear di takan ke bawah trus lepas tuh besi as nya yg panjang ane kasih petunjuk itu)
Trus lepas deh baling” a cepit sisih belakan dan sisih depan
a n puter tu baling” air radiotor kek ngelepas baut (agak sulit n agak keras pake tenaga ekstra
pokok a)
Kalo udah kelepas seperti ini nie contoh a
Dan klo fan a udah kebuka bisa di copot dah shaft / as waterpump,,
cek tu shaft / as waterpump a kegerus / baret” gak, soal nya
punya saya dulu seal mekanikal ancur n ngegerus shaft / as waterpump a jadi
harus ganti karna klo g di ganti bkln an kgk bisa rapet seal meknikal & oil
sil nya... dan karna dlu cari di ahas kgk ready part a terpaksa di bawa ktukang
bubut... pas shaft / as waterpump a udah beres di bubut tinggal lanjutin lepas
seal mekanikal a (nglepas a susah bgt bro soal a seal mekanikal model a kek ada
lem a)lebih mudah kalo pake trakler yg kusu untuk mencopot sela mekanikal
a,soal a dlu pernah liat di fb ada yg copot sela mekanikal a pake trakler
kusus, tapi kalo g punya bisa pake obeng + tang capit, tapi ya itu tadi bkln
agak susah nyopot a)
nah kalo sela mekanikal udah kecopot nanti ada seal 1 lagi
kecil bentuk a ini yg ane sebut oil seal yg warna item itu, sekalian ganti juga, dan karna di beres ahass kgk ada yg
punya terpaksa di kanibalin pke pnya suzuki tapi nth kgk tau tu kanibal pke
motor apa soal e yg beli om aziz dan sela ternyata agak kegedean dan ahirnya di
amplas deh pinggir” a pas di pasang plek wah udah pas.. trus rakit lagi dah
seal mekanikal
trus pasang ulang semuanya,....
wes beres dehhh :D
untuk perkiraan biaya pergantian tu semua nie ane kasih rincianya
- Seal mekanikal cbr thailand ori 275Rb an bisa pake seal mekanikal vario kalo lagi bokek g punya duik seharga 70Rb
- seal oli 15Rb
- shaft / as waterpump 70Rb
- collant 15Rb
- Jasa (Tergantung Bengkel a)
Total = 375Rb (Part Ori) & 170 (part kanibalan)
oh iya itu belum sama jasa nya lo yaaaa...
oh iya kalo kesulitan mencari sparepart bisa langsung hub om "wilbert" cari aja di pencarian FB pasti ketemu, insya allah ready semua di sana a....
trus sekarang kesimpulanya, bagaimana setelah di ganti seal mekanikal a
Masih tetep rembes parah bro pas nyampe rumah wkwkkwwkkw sek sek sek ternyata kemarin baru sadar kalo shaft / as waterpump di bubut kan n g ganti baru,... inget air itu bsa masuk ke sela" tersempit jadi klo g rapet bener bakalan bsa rembes dah dan ahirnya pas nyampe rumah langsung saya pesenkan tu part trus saya ganti sendiri saft a dengan yg baru dan lahamdulillah beres gak rembes lagi udah setengah tahun ini walau seal mekanikal pake punya a vario lumayan awet juga udh setengah thn masih bisa bertahan tanpa ada remebsan cairan lagi... walau sebener e kadang masih kluar sih, (WEH PIE TOH) tenang bro tak jelaske, kluar tetes ane pas motor di pake jarak jauh (300KM nonstop) kmarin pas di bawa ke semarang tpi kluar hanya 1-3 Tetes itu saya anggap masih wajar, tapi kalo baru jln 1-10KM aja udah netes / ngucur deras siap" aja bro ganti seal mekanikal bersama kawan" nya.. hehehehe
wes ckup sekatun bro penejlasen kesel seng ngetik (jomeneh seng moco soyo pedes motone) wwkkwkwkw
menawi wonten lepat nyuwun nagpunten, ojo lali slalu wapodo lan ngati" wonten dalan :D