Yah kali ini saya akan membahas pengalaman saya tentang
bengkel” yang sudah saya jelajahi bro
Kusunya sekitar solo dan jogja
Dan terpilihlah bengkel” ini : Taruna Motor Sport,
Karunia Kasih, Bengkel DOHC wates kulon Progo, SMJ brebah sleman, Ridho
Bengkel..
Okeh e ram yo seng wes di jelajahi, hehehehe
SERVICE TARUNA MOTOR SPORT
Awal service pertama saya di bengkel Taruna Motor Sport yg
di daerah tipes itu, deket lottemart,.
Karna cbr odometer sudah mendekati 2000K setelah service
sebelumnya (soalnya pas beli di bilangin kalo motornya itu habis di service dan
jadi bisa patokan saya untuk service selanjutnya) hehehe selasa pagi pun gas
dari rumah mupung libur kerja n waktu itu belum kuliah jadi free 1 Hari deh, di
pagi hari masih bingung mau service jam berapa n berangkat jam berapa, awalnya
sih mau service jam 8 tapi takut kalo belum buka soalnya gak tau bukaknya jam
berapa dulu, yowis jam 10 berangkat service n nyampe sana welleehhh wes anti
kebak broo, yaudah antri agak lama n ahirya motor pun masuk tempat service, pas
di tawarin mau ganti oli saya tanya ada stock oli motul gak, dan ternyata gak
ada bro yowis service biasa aja, motor pun di service dari jam 12 sampai set 1,
untung tempat e bersih nyaman banget n free wifi.. jadi betah deh apalagi ada
mbk mbk e kasir yg cantik.. hahaha ahir e motor pun selesai di service dan
bayar di tempat langsung dan wew lumayan juga ya ongkosnya beda ama service
matic saya di pinggir jalan hehehe tapi itu masih tahap wajar n harga normal
untuk service motor 150cc.. sung tancap pulang, ehh pas tancap gas welehh helm
lali g di bawa n di pake yaudah balik ambil lagi.. hahahah asem tenan oug,..
pas perjalanan pulang kok jadi nembak” gini ya kenalpotnya, di geber juga jadi
agak ngeden n kalo di gas trus tarik kopling knalpot langsung blaarr blaarr
blaarr, wah setingane ra pas iki padahal sebelum e gak kyak gtu... yowis suk
cari bengkel selanjut e lagii....
AHASS KARUNIA KASIH
Service selanjitnya ke dealer karunia kasih deket dengan
stasiun purwosari rujukan dapet dari communitas di kaskus Yah kali ini si cyber
(nama baru) hahahah semakin rewelll Yahh gini nie kalo ngrawat motor tua, dan
sang pemilik pun kgk tau tentang mesin apa dikit bingung n kawatir Kali ini si
neng cyber mempunya masalah 1. Selang hawa / apa lah kagak tau namnya pokok nya
selang kecil di bagian blok kanan deket selang coolent itu netesin oli dan pas
coba lopas tu selang ehh ternyata malah bercampur coolent dan tanya di grup
kata a ganti part apa tuh habis minim 300Rb max 800Rb Alamaakkkk 2. Masalah
kedua yaitu motor cepet bgt over heat, baru jln 10KM langsung indikator
menyebtuh atas dan kipas langsung nyala kejadian itu selang beberapa hari
service karbu di ahass yg kemarin, apa set terlalu irit atau oli emang udah
harus segera di ganti 3. Masalah coolent di penampunya juga Wes pokok e mumet
tenan lah sirah q cenut" dari pda kepikiran teruz mumpung ngepasi tanggal
muda langsung dah saya bawa ke ahas karunia kasih perjalanan ckup jauh n motor
sering bgt overheat terpaksa berhenti 1x pas berangkat ketemu kalajengkin dan
apa yg terjadi ane di di panas" in ane buka gass dia semakin bringas
yaudah aku tancap gas dari belakang tu kalajengkin mungkin sekitar jarak 2
motor lah dan si kalajengking pun juga mulai bentot gass, awal a agak susah trus
lama" breeeemmmm ngoooookkk ngeeennggg yeee cyber q bisa libas jauh
kalajengkin a joshh tenan Tapi apa yg terjado setelah itu muncul swara aneh di
motor ane dan bnyi klekek klekek kyak baut kendor, ane berhenti n ane cek kgk
ada yg lepass aahhh mbuhh lah blabas ae dan ahir a nyampe ahass juga Awale
cuamn lalu lalang di depan dealer karna bingung tempat service masuk a dmn
maklum gy pertama kali kesini Wkwkwkkwkw Langsung dah ke tempat daftar n di
tanya keluan n ganti oli apa gak lah bla bla bla Dan keluhan pun yg saya ajuka
1. Selang hawa kluar oli n campur radiator 2. Paking kipas utuk jalur coolant
rembes air collant kek a ini gra" ane kurang teliti pas bongkar n ganti
coolant a yg ada kek a sobek paking hahahhaha 3. Kek a bakalan buka blok mesin
n bakalan ganti oli a udah ganti oli sekalian lahh Trus tinggal nunggu, ehh
ternyata tempat tunggu a penuh a udah muter" dlu liat" motor baru di
tu dealer maklum tu dealer juga menjadi penjualan motor juga dan masuk lah ane
n liat motor berharap ada spg a yg deketin ane ehh ternyata ane di cuekin
Huhuhuhi yaudah lah liat kursi antrian tadi ehh ternyata ada yg kosong Duduk
lah saya ruangan a beda jauhh ama yg di tipes itu nyaman sak okele neng tipess
broo, ruangan belum ber ac n service e g di kasih halangan atau sekatan antara
ruang tunggu dan tempat service jadi bau knalpot n swara motor yg di coba
bersatu dlm ruang tunggu a dan juga kagak ada fasilitas wifi a wkwkwkkw
Setelah menunggu beberapa jam yah 1 jam lah ahirnya motor
pun di bawa trus di tangani oleh mekanik a Tapi apa yg terjadi aku dadi bingung
dwe n hati sung makjlebn mak rett perut mual pgn muntah... 1. Suruh ganti seal
mekanikal kata a tu mesin ane kagak ada seal seal kek gtu" a atau seal apa
lah n selang hawa kata a di tutup aja kalo gak mau netes, Mbuhh kui karep e
pieee 2. Mau ganti seal yg deket waterpump kgk ada harus indent 1bln Trus kata
a di lem dlu 3. Trus ganti oli motul kagak ada yaudah terserah mbuh kek ono
minyak goreng o karep mu, wkwkwkwk ahir e ganti spx wes rencana ganti seal
mekanikal i pasti ganti oli ehh malah blog mesin g di bukak ama sekali cuman
ngetap oli aja, alamak ra sido benerke motor iki yg ada cuman service motor
biasa.critane lagi apes iki salah mekanik kmungkinan critane hehe,.. Ambuhh lah
penting ngko motor iso tekan ngomah n ane dongkrokin dlu neng cyber mpe di
bengkel lainya. Wesss cukup sampe sini dulu perjalanan di bengkel ahass..petualangan
selanjutnya ke bengkel biasa pinggir jalan dulu :D
BENGKEL RIDHO DEKET MARKAS TNI “SAMBER NYAWA”
Yah kali ini saya akan mereview service motor cbr saya
sebener e dulu awal ambil motor langsung di bawa ke sini esok soalnya rantai
keteng udah kendor n ternyata cuman di akali tensionernya di bongkar n pita di
gulung ulang beres swara jadi ngwing ngwing kek motor 2 silinder, hahaha n cumn
kluar ongkos 50Rb ternyata mleset dari perkiraan saya yg bakal kluar uang 500K
lebih ganti set rantai keteng,.. Service selanjutnya yg ke 2 di situ service
besar dimana kamrin pas ngencangin tensioner di saranin ganti rantai keteng
pake cb150r habis 2bln udah berjalan setelah kencangin tensioner karna takut
rantai keteng putus (maklum udah hampir 9thn motor ini umurnya dan sebener e
rantai keteng cbr putus itu mustahil banget tapi karna sayangnya ane ama ni
neng cyber yowis ganti ae dari pada knek opo”) dan di ganti lah di bengkel
ridho,... pengerjaane cukup cekatan bro.. yo genah kono yo dwe cbr old bien e n
udah di oprek n sering di bawa ke sirkuit sentul.. kok ngerti ? di critani mbi
wong e langsung broo, hehehe,.. dan setelah bingkar ini itu mesin di mutilasi
ahirnya selesai juga pengerjaanya dari jam 10 pagi sampai jam 2 siang -.-"
(kok lama?) soalnya sama ganti kunci kontak ama ganti oli, ganti apa lagi a
okeh lah pokok e, dll hehe ongkose lumayan muar lhoo, msak gantai rantai keteng
(bawa sendri dari rumah), agnti kunci kontak, ganti oli motul 5100 cmn habis 170Rb
Setelah itu service selanjutnya saya melanjutkan perjalanan menjelajah bengkel
kusus cbr di selanjut a..
SERVICE WARUNG DOHC WATES KULON PROGO
Yah kesempatan kali ini ane touring jauh bingit ke landon eh
maksud ane kulon progo buat benerin selang oli kecil di bak kopling itu, la kok
pas neng bengkel ridho g benerin ? lali broo, hahaha... yowis sekalian jalan” nyoba
ke bengkel yg terkenal akan blog a warungdohc a.. mugo” ae blog q iso terkenal
juga hehehe
Perjalanan saya tempuh dari rumah ke kulon progo 100KM
(200KM PP)
Mumpung sana longgar yowis tancap gas hari rabu tancap gass
polll jam 4 subuh (untung aja udah biasa bangun pagi jadi a gak masalah buat
ane)
Perjalanan saya mulai lewat jalan
skh-dlanggu-klaten-jogja-ringrod utara-kulon progo...
Yah perjalanan jam 4 saya mulia
Bismillah mudah" an lancar
Kontak motor dan clek jreng di temani lampu tembak 5watt yg
melik" cahayanya hahahah
Jalanan sangat sepi bisa geber terus nie motor, tapi karna
terhalan penerangan yg kurang jadi g bisa gasspol.. Tiba di jln solo-jogja
Wihh sepi rekk gass teruss, dan waktu subuh pun telah tiba
berhenti di pom area klaten utk menunaikan kewajiban n ama liat" mesin kok
tumben g overheat biasa a jln sebentar aja langsung overheat mkin faktor cuaca
yg lagi subuh n dingin" a kali aaa...
Selesai shalat gass poll lagi sampe lah ke perbatasan kulon
progo, dan apa yg terjadi ada old cbr hitam striping hijau plat B ngajak ane
balapan (ane di galakin di geber") mkin dikira motor ane miner** kali a
~.~" yowis gpp tak layani
Bremmm ngeengg wes isik o kono aq soal e wedi yen keblabase
dalane
Hahahahaha
Jam 06.00 kurang pun nyampe di wates cek maps ngendi o pener
e muter" dlu
Trus inbok om aziz sekalian cari sarapan di warung padang n
ahir a di jemput juga oleh om aziz n di anter mnuju bengkel e (welehh kene to
bengkel e kok aq mau g eruh o pdahal lewat bola bali) -.-"
Setandart in motor dan leren dulu selagi nunggu mesin cyber
ane dingin om aziz melakukan persiapan senjatanya...
Dan yg eksekusi motor ane ternyata temen a om aziz lupa ane
namanya, hahahaha pas bongkar mesin selalu mengalami kesulitan pas Lepas kabel
kopling, Lepas selang radiator, Lepas bak mesin Slalu ksulitan (maklum gy
ngantuk kata a om aziz dia a mang kek gtu, perlu di minumin oli) Hahahaha
bahkan sempet kepalanya beberapa kali kepentok setang ane, bletokkk waduh sakit
bgt tuh ya Hahahaha
Dan ahir a bisa juga di lepas bak mesin a (yg bongkar jadi a
ya om aziz sendiri) maklum nie motor masih prawan jadi sulit bukaknya
Dan di lepas lah kipas air fan radiator a dan taaarrraaaaaaa
apa yg terjadi
Edyan remuk seal mekanikal + as e + seal e mpe berkarat (makane
dlu kok dari selang kecil itu kluar kek pasir, eh ternyata karat as shaft a bro
ancur karatan) -.-
Dan karna ass a kemakan mau gmn lagi cari di ahass kagak
bkln ada hahahahaha solusi a a di bubut ke, berharap ass yg kemakan bsa
tertutup setelah di bubut ke ke tukang bubut di pasanglah semuanya kembali
ganti Seal oli yg hancur dan di carikan om aziz kanibalan a tapi ukuran agak
kebesaran dan harus di amplas biar masuk ane kurang tau itu pake seal apa, trus
di pasanglah seal mekanikal pke punya a vario dan pasanglah fan a dan rakit
lagi semuanya.. Gak kerasa rampung juga ahirnya sekitaran jam 4 / habis asar,
wus berangkat jam 4 pulang jam 4 hahaha
Yaudah ane trus pamitan keburu malam dan gowes dari kulon
progo jam 5 dan bener saja batin ane jalanan jogja macet puwarah dan mesin ane kena
overheat trus (wah berarti bkn karna seal mekanikal a nie kok masih overheat)
Yowiss gass polll brooo
Ahir a nyampe rumah jam 9 malem (edyan lama juga ya pdahal
berangkat cuman 2jam an)
Pas ane cek selang netes oli a maneh broo, wes gak tak pikir
istirahat dulu kepala dah pusing pgn sung tidur kecapean....
Pagi a ane pun inisiatif buat cari ass a karna ane yakin ini
karna ass nya
Dan saya sempet survai di ahass daerah saya semua a saya
sambangi kagak ada yg jual, -.-" lawong ane pas tanya seal oli aja juga
kgk punya palagi ass a -.-"
Dan ahira a pesen online alhamdulillah dapet smile emotikon
sekalian lah seal olinya lah buat jaga"... hehehe dan langsung besoknya di
bawa ke bengkel ridho karna paling deket dari rumah n 30 menit sung selesai,
balik pulang wisss wes ga netes maneh, joshh mari ikii :D
SMJ BREBAH SLEMAN
Ini adalah petualangan terahir neng cyber, yah kali ini
masalah timbul di neng cyber, stang goyang pas tarik gas / mlaju kencang trus
lepas stang gedek gtu lah boso jowone, heehe trus blok kanan mesin bunyi cek
cek cek cek cek kasar gtu pokoknya, singkat crita saya soalnya capek bro tangan
ane, hehehe nyampe di bengkel kagak jadi service, la ngopo ? udah kawanen n klo
mau benerin harus ninggal motor, n di kasih tips untuk ganti ban depan soalnya
komponya dah mati ama pres velg ada yg bengkong soale n soal masalah kolping
bak nya itu kasar harus di set ulang, n harus niggal motor, yowis gak jadi sung
jalan” pit” an ae neng jogja, hehehe besuk nya ganti ban baru + pres velg n
bener aje stang motor udah gak gedek, udah normal lagi.
Wes cukup sekian jelajah ku tentang bengkel” kusus cbr di
area solo dan jogja,... :D
Dan ane pun wes mutusin di bengkel ridho lah service rutin
si neng cbr, bukane promo lo ya tapi emang dekat ama rumah q, service e murah,
setingane puwenak bgt gak ada istilah motor brebet / nembak” knalpot e, hehe
wong e yo penak gak pelit ilmu, wes cukup segini aja cerita perjalane bro,
kesel seng nulis, hehehe tunggu kisah + tips tentang neng cyber q selanjut e di
blog ecek” q ini jangan kapok lo ya baca artikel q yg acak” an ini, maaf tidak melampirkan foto, jaringane gy payah bro, bsok saya update lagi kasih foto.. hahaha