Pages

Masalah Seal Mechanical CBR, CB150R, SONIC, CS 1


MESIN HONDA (CBR,CB150R,SONIC,CS1) ANDA KLUAR TETESAN CAIRAN DARI SELANG KECIL SEBELAH KANAN BAK KOPING
MUGKIN INI PERMASALAHNYA

Misi masbro, yo i di sini mas bay mau berbagi pengalaman soal masalah rembesan cairan aneh di bagian selang kecil ini, cz tiap minggu sering bgt liat di grup" yg ngeluh tetang nie selang knapa kok kluar cairan aneh


(RASSAH DI LOKE MESIN E BLUKUTUK REGET E RAM,SOAL E MOTOR ADVENTURAN KUI)
wkwkwkkwkwkw
dulu awal meminang old cbr ini masalah yg saya perhatikan ya selang ini nie, kok kluar cairan ya, tapi waktu itu kluar cairan kgk bnyak bro, kalo cuman buat jln bentar ksana kemari mah jarak pndek g mpe netesin cairan apa apa tapi awal ketauan tu selng ngluarin cairan yaitu saat old cbr ini saya bawa touring perdana ke pacitan dmn pas saya balik pulang sampe rumah baru menyadar pas motor mau saya cuci eh kok ada kayak bekas tetesan air ya, tapi cuman keliatan a sih 3-5 tetes aja trus saya cek cek oh ternyata dari slang kecil ini,.. masih sempet bingung sebner e apa sih kegunaan selang ini, tanya kesana kemari di grub jawabnya berbeda” ada yg bilang itu selang hawa mesin jadi wajar klo mesin panas ngluarin oli trus ada yg berpendapat ina itu es pokok e beda” lah... dan waktu itu hal itu saya sepelakan ae lah wkwkwkkw
dan pada ahirnya tu selang makin hari makin deras aja ngocor cairanya, padahal baru buat jalan sebentar udh netes tumpeh” aja tu cairan dari selang tersebut.... ahirnya saya putuskan untuk di bawa ke wates pener e tempat e om aziz selaku ceo warungdohc, hahahaha motor di bawa ke wates dengan perjalanan yg kurang lebih 3 Jam itu aja bernagkat subuh jam 4 an n nyampe wates sekitaran jam tengah 7 an bro dan nyampe bengkel om aziz jam 7 an kalo g salah... pokok e gaspolll 100Kpj lebih pas berangkat soal a tau sendiri jln solo-jogja lenggang bgt apalagi saya pas berngkat subuh” hehehehe
Nyampe di bengkel langsung dah di deteksi dan memang masalah pun fix kalo itu seal mekanikal a udah wayah e ganti, wes nunggu mesin adem dlu sembari di kipsi bro motor e gen cepet adem.. dan om aziz pun memperisiapken perlatanya, langsung dah pengerjaanya kurang lebih seperti ini
1.       Biarkan mesin dingin jgn mengerjakan hal ini dalam keadaaan mesin masih panas, berbahaya bro n rentan bgt baut jadi lembek n patah
2.       Kuras oli mesin sampe tetes terahir
3.       Kuras air radiator sampe tetes terahir juga
Cara pengerjaanya
-          Lepas selang radiator yg menyambung ke bak kopling bagian kanan (nomer 1) jgn lupa tutup air radiator harus kebuka biar colant bisa turun semua habis collant ke kuras semua a tinggal lepas baut" yg di panah merah itu


-          Lepas stut kpling

-          Lepas baut” bak kopling

-          Trus copot deh bak kopling nya

(sory fotone nyomot ko gone mas naztru, soale foto ane hilang bro di makan rayap) wkwkkwwk

Pengerjaan hanya di bagian bak kopling aja
Soalnya yg mau di cek adalah seal mekanikal nya
Trus lepas itu gear pengerak baling” colant a degan cara gear di takan ke bawah trus lepas tuh besi as nya yg panjang ane kasih petunjuk itu)
Trus lepas deh baling” a cepit sisih belakan dan sisih depan a n puter tu baling” air radiotor kek ngelepas baut (agak sulit n agak keras pake tenaga ekstra pokok a)
Kalo udah kelepas seperti ini nie contoh a

Dan klo fan a udah kebuka bisa di copot dah shaft / as waterpump,,
cek tu shaft / as waterpump a kegerus / baret” gak, soal nya punya saya dulu seal mekanikal ancur n ngegerus shaft / as waterpump a jadi harus ganti karna klo g di ganti bkln an kgk bisa rapet seal meknikal & oil sil nya... dan karna dlu cari di ahas kgk ready part a terpaksa di bawa ktukang bubut... pas shaft / as waterpump a udah beres di bubut tinggal lanjutin lepas seal mekanikal a (nglepas a susah bgt bro soal a seal mekanikal model a kek ada lem a)lebih mudah kalo pake trakler yg kusu untuk mencopot sela mekanikal a,soal a dlu pernah liat di fb ada yg copot sela mekanikal a pake trakler kusus, tapi kalo g punya bisa pake obeng + tang capit, tapi ya itu tadi bkln agak susah nyopot a) 

nah kalo sela mekanikal udah kecopot nanti ada seal 1 lagi kecil bentuk a ini yg ane sebut oil seal yg warna item itu, sekalian ganti juga, dan karna di beres ahass kgk ada yg punya terpaksa di kanibalin pke pnya suzuki tapi nth kgk tau tu kanibal pke motor apa soal e yg beli om aziz dan sela ternyata agak kegedean dan ahirnya di amplas deh pinggir” a pas di pasang plek wah udah pas.. trus rakit lagi dah seal mekanikal 


trus pasang ulang semuanya,....

wes beres dehhh :D

untuk perkiraan biaya pergantian tu semua nie ane kasih rincianya

- Seal mekanikal cbr thailand ori 275Rb an bisa pake seal mekanikal vario kalo lagi bokek g punya duik seharga 70Rb
- seal oli 15Rb
- shaft / as waterpump 70Rb
- collant 15Rb
- Jasa (Tergantung Bengkel a)

Total =  375Rb (Part Ori) & 170 (part kanibalan)
oh iya itu belum sama jasa nya lo yaaaa...

oh iya kalo kesulitan mencari sparepart bisa langsung hub om "wilbert" cari aja di pencarian FB pasti ketemu, insya allah ready semua di sana a....

trus sekarang kesimpulanya, bagaimana setelah di ganti seal mekanikal a
Masih tetep rembes parah bro pas nyampe rumah wkwkkwwkkw sek sek sek ternyata kemarin baru sadar kalo shaft / as waterpump di bubut kan n g ganti baru,... inget air itu bsa masuk ke sela" tersempit jadi klo g rapet bener bakalan bsa rembes dah dan ahirnya pas nyampe rumah langsung saya pesenkan tu part trus saya ganti sendiri saft a dengan yg baru dan lahamdulillah beres gak rembes lagi udah setengah tahun ini walau seal mekanikal pake punya a vario lumayan awet juga udh setengah thn masih bisa bertahan tanpa ada remebsan cairan lagi... walau sebener e kadang masih kluar sih, (WEH PIE TOH) tenang bro tak jelaske, kluar tetes ane pas motor di pake jarak jauh (300KM nonstop) kmarin pas di bawa ke semarang tpi kluar hanya 1-3 Tetes itu saya anggap masih wajar, tapi kalo baru jln 1-10KM aja udah netes / ngucur deras siap" aja bro ganti seal mekanikal bersama kawan" nya.. hehehehe
wes ckup sekatun bro penejlasen kesel seng ngetik (jomeneh seng moco soyo pedes motone) wwkkwkwkw
menawi wonten lepat nyuwun nagpunten, ojo lali slalu wapodo lan ngati" wonten dalan :D

Perpandingan Motul 5100 VS Liqui Moly Di mesin tua DOHC


oke masbrohh kali ini mas boy, eh maksud a mas bay mau kupas tuntas tentang kedua oli tersebut...
yah yg pertama oli motul 5100 ester 10/40 siapa yg g kenal ama ni oli semua sobat dohc pasti ga asing ama ini oli. harga di toko antara 130-140 (tiap daerah beda" lo yaa).. percobaan pertama oli di tuang langsung ke neng cyber di odometer 48K (maaf foto hilang) oli lama di tap sampe semaleman, biar bner" fress dalemanya, awal make nie oli swara bner" halus pindah gigi bener"cuss empuk bgt.. yah namanya oli baru, tapi ini beda bro istimewa bgt pas awal"nya hbs gnti oli itu... performa juga jos bukak gas sitik sung ngacir... tapi itu semua sirna setelah KM 500 nth mengapa mulai timbul gejala" aneh .. yaitu, cpt bgt overheat mesinya, n swara mesin kemrosak jadi kasar..tapi setelah KM 1000-1500 nth mengapa oli ini menjadi enak lagi performa mulai menggila kalo mesin panas, dan swara jga tambah halus.. yg jadi lebih ilfil lagi pas udh nyentuh 2000KM nie oli malah makin enk tarikan di mesin cyber ane, tak ada penurunan performa di tarikan mesin,.... tapi memang sudah ane persiapin utk ganti oli di KM 2000 dan tap oli trus cek dah penguapanya.. wew menguap 250cc nan
 (sory foto ukuran besar bgt gagal" mulu uploud a)

nexs selanjutnya yaitu beli oli Bimoly, eh maksud ane liquimoly... hehehe
oli ini harga nya sama kek oli motul yaitu di antar 130-145Rb nah to lak saingan bgt ama motul 5100... oli lama pun di tap sampe semaleman trus tuang deh liquimoly nya... coba nyalakan mesin, hemtt biasa" aja swara mesin nya g sehalus motul... estt tunggu dlu ini baru nyalain mesin broo.... langsung dah tancap gas ke kota" solo.... bremmmm aje gile swara mesin lumayan juga pas udh jln alus bro, walau g sehalus oli motul pas awal pemakai an... performa tarikan mesin ? ternyata masih galak an motul... dan apa yg istimewa dari nie oli.. setelah pemakai an lebih dari 500 bahkan 1000KM oli ini tidak mengalami penurunan babar blasss.. beda ama motul di KM 500 lbih mesin jadi kemrosak n cepet overheat,.. tapi oli liqui moly ini tidak sama sekali, swara mesin tetep halus + suhu mesin setabil terus walau di kemacetan cmn pentok setengah bar indikatornya suhu... beda dgn motul baru macet beberapa menit aj sung hampir mentok ke merah jarum suhunya... wahh josh bner nie oli, bahkan suhu mesin tiap hari cmn 2Bar saja n 3 bar paling pas kena macet aja tapi setelah jalan langsung trun 2bar lagi... wew josh nie oli suhu mesin bener" teraja,... dan ahirnya KM menyentuh 2500 oli sudah bener" mulai gak enak sama sekali perpindahan gigi mak bletokkk tookk tokk, tapi yg ane heranin suhu mesin tetep terjaga walau KM 2500lebih... di bulatin aja yahh 2800KM ahirnya saya memutuskan untuk ganti oli


penguapan oli saat saya tap di KM 28Rb (3Bulan) cukup bnyak yaitu cuman menyisakan kurang lebih 700Ml
wes rpp wajar soalnya motor ini bolak balik ke pacitan kemarin 2x (300KM PP kali 2X kesana jadi 600KM) sama terahir buat ke gunung kidul idrayanti PP 200KM + kna macet pas di gunung kidul pas tahun baru kemarin jadi wajar" ae lah nguap 300cc an..

dan saat ingin ganti oli bnyak pertimbangan ini
balik ke motul yg performa jos apa ke Liqui Moly yg enak buat harian :/
Daannn pada ahirnya setelah pertimbangan ina itu saya terus melanjutkan untuk ganti oli Liqui Motul, Karna yg jual tmn ane jadi enak cari a + nyesuai in kebutuhan motor yg notabiletelnya di gunakan harian sama touring., yah walah harus ngorbanin performa yg g segalak motul tapi gpp lah,..


pda kesimpulan a oli motul
+ swara mesin halus  bgt pas awal pertama ganti oli
+ perpindahan gigi empuk
+ performa josh walau udh mnyentuh km 2000

- setelah km 500-1000 swara mesin jadi kasar
- KM 2000 perpindahan gigi jadi bletak bletak
- cepet bgt overheat / panas suhu mesinya

liquimoly
+ suhu mesin bner" adem (terjaga) walau penggunaan lbih 2000KM
+ tidak ada penurunan performa oli pda mesin

- KM 2000 lebih perpindahan gigi bner" swaranya keras bgt
- tarikan mesin biasa" saja

cukup sekaten review dari saya brohh mudah" an bermanfaat bagi rekan" DOHC lainya yg mau cari n pilih" oli, oh iya ane g ada unsur promosi" lo ya itu... itu semua dari lubuk hati ane paling dalam review nya..
wkwkwkkwkwkwkw
gak juga sih, pas kemarin ke bengkel langganan ane sempet tanya ama mekanik a, yg ga bisa b.jawa g usah di baca obrolan di bawah ini,
wkwkwk
ane + mekanik bengkel langanan


"om aku saiki pke oli iki"
opo kui
"liqui moly"
golek e ngendi kui
"konco q enek seng adol oug distributor e neng solo, 145Ewu e om"
nonton kene
"nyohhhh"
di liat' di cek'
wah la iki wes dinggo moto2 moto3 noug
"iyo om, hehehe"
ya bagus yen wes oleh oli seng cocok, emang ngono kui kok kodrat e uwong milih oli i bedo' yen koe wes emang cocok nganggo kui o apik kui berarti kan koe iso ngerti kriteria oli dinggo awak mu,..
"oke' tapi go performa jek apik motul oug om"
iyo nyet bien koe tak kon ngango motul koe kan seneng balap' neng dalan mkane tak saranke ngango motul, tapi yen saiki cocok e ngango oli liqui moly yowis ngango kui ae ojo gonta ganti oli ae
"hehehehe oke om"

wes bro cukup sekatun
songo papat punjul enem menwai artikel e enek seng lepat nyuwun ngapunten